Minggu, 18 Mei 2008

Kacamata Pengingat

Biasanya jika ada barang yang hilang-atau kita lupa menaruh-akan membuat kita kebingungan mencari-cari dimana barang tersebut diletakkan. Dan, karena panik itulah, kadang barang yang sebenarnya berada di dekat kita, justru tak terlihat. Tak jarang, kita kemudian mengobrak-abrik tempat kita karena susah menemukan barang yang dicari. Akibatnya, bukannya ditemukan, tapi justru membuat semuanya berantakan.

Nah, bagi Anda yang termasuk sering meletakkan barang dan melupakan tempat menaruhya, barangkali alat yang satu ini bisa menjadi solusi. Alat ini berwujud sebuah kacamata unik yang mampu mengenali obyek benda yang kita kehendaki. Kacamata ini diciptakan oleh Yasuo Kuniyoshi dan teman-teman satu timnya dari jurusan ilmu informasi dan teknologi Universitas Tokyo.

Kacamata buatan ini dinamakan "Smart Google". ‘Kecerdasan' kacamata ini memang tak boleh diremehkan. Sebab, teknologi yang ditanamkan pada kacamata ini mampu merekam dan menghafal semua benda yang dikenakan oleh pemakainya. Cara kerjanya sangat mudah. Kita cukup mengenalkan benda yang kita lihat kepada kacamata yang dipakai. Kemudian, dari benda itulah, kacamata ini akan merekam sampai terakhir kali kita melihat barang yang kita taruh. "Jika anda kehilangan sesuatu, maka anda bisa menanyakan kepada kacamata anda, dimana dan kapan si kacamata itu melihat terakhir kali," ujar Kuniyoshi.

Sayangnya kacamata tersebut belum nyaman untuk digunakan karena ukurannya yang cukup besar. Agar nyaman digunakan, mereka terus melakukan riset dan pengembangan agar perangkat yang ditanamkan pada kacamata itu bisa dibuat dalam ukuran yang jauh lebih kecil. Bagi Anda yang merasa sebagai seorang yang pelupa, barangkali ada yang berminat?

Tidak ada komentar: